“Ungkapkan Rasa Syukur Warga Kandang adakan sedekah Bumi”

IMG_20170819_145954

Masyarakat dijawa, pasti tak asing lagi dengan istilah Sedekah Bumi, Upacara adat sebagai bentuk rasa Syukur Hamba Kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Rizki, melalui Bumi dan seisinya.

Warga Masyarakat Desa Kandang Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang menggelar Sedekah Bumi di Pendopo Balai Desa Kandang, Sabtu, (19-08-2017)

IMG_20170819_141150

Sekitar pukul 13.30 Wib, warga mulai berdatangan dari berbagai Wilayah di Desa Kandang, dengan membawa bakul, berisikan Nasi, dan berbagai olahan Pangan. Kebanyakan dari warga yang datang adalah para Petani, yang ingin berbagi sebagian hasil Buminya kepada sesama.

gunungan nasi atau yang biasa disebut dengan “tumpeng” menjadi pemandangan tak asing lagi diacara sedekah bumi seperti yang sedang berlangsung ini.

Diawal sambutanya Bapak Kepala Desa Kandang H.M Rokhmat mengajak kepada warga untuk pekikan Merdeka !!!

Sontak seluruh warga yang hadir menyerukan merdeka dengan lantangnya, beliau melanjutkan bahwa sedekah bumi adalah bentuk Shodaqoh kita Kepada sesama.

Acara berlangsung dengan memanjatkan Doa dan wujud Syukur kepada Allah SWT sekaligus memanjatkan doa kepada para pahlawan yang telah mendahului kita, doa kali ini dipimpin oleh Bpk Ust Nur Asmono.

Dengan memanjatkan Puji Syukur Kepada Allah SWT yang tak henti hentinya memberikan segala apa yang ada dibumi ini kepada kita, Patutlah bagi kita untuk senantiasa dan selalu Bersyukur atas apa yang kita miliki, serta ingat berbagi kepada sesama.

Ya Allah, Ya Tuhan Kami, Berikanlah Keberkahan Atas Rizki yang Engkau berikan kepada Kami, atas Apa yang kami miliki. Kami sadar, semua ini hanya Titipan dariMu ya Robb.

(rj/rj)

 

 

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: