Sejarah Desa

Asal Usul Desa Kandang

Bedasarkan cerita turun temurun, Desa Kandang awalnya bernama Desa Kandang Sari yang berarti kandang berbunga.

Pada masa sebelum kemerdekaan nama Kandang Sari berganti menjadi Sikandang dan pada tahun 1948 berubah menjadi Kandang. sampai saat ini nama Desa Kandang tercatat secara administrasi dan menjadi bagian dari wilayah kecamatan comal kabupaten pemalang.

Desa Kandang Sari Pada masa kolonial belanda dipimpin oleh Lurah yang bernama ki sentong dan dilanjutkan oleh ki gendon yang sampai saat ini belum diketahui masa kepemimpinanya.

Pada tahun 1940 sebelum kemerdekaan Republik Indonesia kepemimpinan dijabat oleh Dulkarim selama lebih kurang 4 tahun masa kepemimpinan hingga tahun 1944.

Tahun 1944 kepemimpinan desa kandang sari/Sikandang dipimpin oleh Sarwiyan, namun kepemimpinan hanya berlangsung kurang lebih dua tahun hingga 1946.

Dalam masa kepemimpinan yang sama selama dua tahun dari tahun 1946 hingga tahun 1948 Desa Kandang Sari/Sikandang dipimpin oleh Carmadi dan pada tahun inilah Sikandang berubah nama menjadi Desa Kandang.

Kepemimpinan dilanjutkan oleh Djamsari selama 12 tahun dari tahun 1948 hingga tahun 1960 dan didampingi carik Sanadi.

pada masa kepemimpinan selanjutnya Djamsari yang sudah menjabat selama 12 tahun kembali memimpin Desa Kandang hingga tahun 1975. namun selama masa kepemimpinanya kali ini didampingi oleh Waryono sebagai carik. Artinya Desa Kandang pernah dipimpin oleh satu orang yang sama selama kurang lebih 28 tahun.

Kepala Desa Kandang dari masa ke masa

Berikut ini adalah daftar kepemimpinan desa kandang dari masa ke masa

Ki Sentong

(kolonial belanda)

Ki Gendon

(kolonial belanda)

Dulkarim

1940 - 1944

Sarwiyan

1944 - 1946

Carmadi

1946 - 1948

Djamsari

1948 - 1975

Warjono

1975 - 1987

SUSWADI

1987 - 1999

Wardoyo

1999- 2012

M. Rokhmat

2012-2018

Muhtadin

2018-2024

-

-

Opini dan mitos dikalangan masyarakat

Di Kandang Sungai

Berdasarkan opini masyarakat, asal usul dinamakan desa kandang karena pada masa silam wilayah desa dikelilingi sungai / kali. Batas desa yang merupakan dataran rendah seringkali diceritakan oleh orang tua dulunya adalah sungai. hampir setiap musim hujan diwilayah tersebut memang selalu digenangi air.

Di Kandang Desa Kendaldoyong

Secara sederhana sebagian masyarakat menganggap penamaan Desa Kandang sebagai nama sebuah desa adalah karena desanya dikelilingi oleh Desa Kendaldoyong.
Secara Geografis wilayah desa kandang memang berbatasan dengan desa kendaldoyong. namun tidak dengan sisi timur dan sebagian sisi utara desa, disebelah timur desa kandang berbatasan dengan desa kebojongan dan sebelah utara berbatasan dengan desa pesantren.

Seperti Di Kandang

Banyaknya ruas jalan membuat Desa ini memiliki simpang jalan yang tidak sedikit pula, hal ini seringkali membuat orang yang pertama kali masuk ke desa kandang menjadi bingung. pengguna jalan yang melewati ruas jalan yang sama lebih dari sekali masih sering dijumpai hingga saat ini. hal inilah yang dipercayai masyarakat desa sebagai asal usul dinamakan desa kandang. karena membingungkan saat masuk kedesa dan seperti dikandang.

Update dan Direfisi pada tanggal 4 April 2021