Kandang Desaku – Pemerintah Desa Kandang melaksanakan rapat koordinasi bersama ketua RT dan RW serta Relawan Cegah Covid 19 untuk persiapan labelisasi / penandaan rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kementrian Sosial.

Bertempat di Pendopo Balai Desa Kandang, Selasa 17 November 2020 rapat koordinasi diawali dengan penjelasan tentang Bantuan Sosial yang telah berjalan selama ini oleh Pendamping PKH (Widiya Susanti).

Ia menjelaskan bagaimana PKH dan BPNT dijalankan, “berhak atau tidaknya keluarga penerima PKH dan BPNT, seorang pendamping tidak dapat mengusulkan atau menghapus nama sembarangan, namun sistem didalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang akan menentukan”. Tuturnya.

Penjelasan tentang Bantuan Sosial tersebut dimaksudkan untuk memberikan pemahaman terhadap Ketua RT dan Ketua RW yang belum lama ini dikukuhkan (diremajakan).

Muhtadin selaku Kepala Desa Kandang berharap kepada Ketua RT dan Ketua RW Se Desa Kandang agar dapat memahami penjelasan yang disampaikan, agar ketua RT dan RW dapat menjawab pertanyaan ketika ada warga diwilayahnya menanyakan tentang program Bantuan Sosial yang seringkali menjadi pembicaraan banyak orang.

Setelah rapat koordinasi ini kita akan menandai rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Makanya bapak ibu ketua RT dan ketua RW dikumpulkan di pendopo Balai Desa ini, Pungkas pria yang akrab dipanggil pak tadin.

Format penulisan tanda KPM yang akan dilaksanakan dan dimulai pada hari jumat tanggal 20 November 2020 disepakati oleh peserta rapat tidak mengandung tulisan doa tidak baik (jawa : “nyepatani”)

Selain penandaan Rumah KPM Bansos di Desa Kandang, Kepala Desa Kandang berharap ketua RT dan RW yang baru dikukuhkan (diremajakan) dapat mengetahui siapa saja warganya yang mendapatkan Bansos Kementrian Sosial tersebut.

Rapat Koordinasi berjalan dengan membuka data bansos dan dipaparkan didepan peserta rapat yang sebelumnya Ketua RT dan RW diberikan lembaran data KPM Bansos diwilayahnya masing masing.

Setelah dilakukan penandaan rumah, data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH dan BPNT akan dimuat di Website Resmi Pemerintah Desa Kandang.

Admin Desa

Write A Comment