Pelatihan SIDEKEM.WEB Desaku Pemalang

Sistem Informasi Desa (SID) merupakan bagian dari prakarsa pengembangan seperangkat alat dan proses pemanfaatan data dan informasi untuk mendukung pengelolaan sumberdaya berbasis komunitas di tingkat Desa.

Dalam hal pengelolaan Sistem Informasi Desa di Pemalang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DINPERMASDES) melalui Pusat Pemberdayaan Informatika Dan Desa (PUSPINDES) terus berupaya mewujudkan Desa Pintar.

Bertempat di Gedung PUSPINDES, Rabu 18 Juli 2018 Admin Desa Kandang mengikuti Pelatihan Pengelolaan SIDEKEM.WEB Pemalang.

SIDEKEM yang sebelumnya berbasis Aplikasi Offline, pada tahun 2018 telah berganti berbasis WEB, secara system ini tentu mempermudah dalam pengelolaan SIDEKEM itu sendiri, pasalnya tak perlu satu perangkat untuk mengakses sidekem, namun dapat diakses dibeberapa perangkat.

Kedepan, Desa desa yang ada dikabupaten Pemalang dapat lebih mudah dalam melakukan pelayanan kepada Masyarakat, suatu contoh : dalam pembuatan Surat, Pemohon hanya menyebutkan NIK saja dan system secara otomatis akan memunculkan Biodata pemohon, selanjutnya perangkat Desa yang melayani dalam pembuatan Surat itu membacakan biodata yang muncul, apakah sudah sesuai atau belum, dan PRINT.

Praktis, cepat dan Pintar dalam pelayanan Masyarakat melalui Kemajuan Tekhnologi adalah tujuan Kabupaten Pemalang untuk mewujudkan Desa Pintar.

 

(rj/rj)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: