DARI DRONE MENJADI PETA DESA

KandangDesaku – Pusat Pemberdayaan Informatika dan Desa (PUSPINDES) dibawah binaan Dinas Pemberdayaan Masyarakatdan Desa Kabupaten Pemalang melaksanakan Pelatihan Dasar Pembuatan Peta Desa diPendopo Kecamatan Comal 6 Desember 2018.

Peta merupakan sarana informasi mengenai lingkungan, seiring dengan kemajuan tekhnologi peta tidak hanya dalam bentuk nyata (pada selembar kertas atau real maps) tetapi juga dapat disimpan dalam bentuk digital sehingga dapat disajikan pada layar monitor yang dikenal dengan peta maya atau PETA DIGITAL.

211 Desa dikabupaten Pemalang, telah dilatih dasar Pembuatan Peta Desa dengan memanfaatkan Kemajuan Tekhnologi. Pelatihan Dasar Pembuatan Peta yang telah berlangsung tersebut adalah memperkenalkan kepada Desa bagaimana cara mengambil Foto Udara dengan media Pesawat Tanpa awak atau yang lebih dikenal dengan istilah Drone.

Dalam Pelatihan yang diikuti 17 Desa di Kecamatan Comal ini, Peserta diajari bagaimana cara mengambil Foto Udara dengan Drone dan mengolahnya Menjadi sebuah PETA. Beberapa foto/gambar yang diambil dari drone nantinya akan digabungkan menjadi sebuah gambar yang merupakan dasar pembuatan peta dengan Aplikasi Agisoft dan Selanjutnya gambar tersebut akan dikelola menjadi sebuah PETA DIGITAL yang diinginkan dengan Aplikasi yang berbeda.

Diketahui, padatahun 2017 hampir 80% Desa yang ada di Kabupaten Pemalang, telah melaksanakan Foto Udara oleh tim BUKA PETA dari Jakarta. Berawal dari sana, kini Desa Desa di kabupaten Pemalang diajarkan bagaimana Proses pembuatan Peta dengan Foto Udara seperti yang pernah dilakukan oleh tim Buka Peta tersebut.

Desa Kandang, salah satu Desa yang ada di Kecamatan Comal, menugaskan Admin Desa sebagai Pelaksana Tekhnis IT Desa untuk mengikuti Pelatihan tersebut, harapanya Desa Kandang tidak tertinggal dalam dalam hal penerapan Tekhnologi untuk pembangunan dan Kemajuan suatu Desa.

Admin Desa

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: