Menulis sebuah berita di Website Desa ibarat kita sedang melakukan sosialisasi kepada warga. Salah sedikit pembaca bisa salah mengartikan sebuah berita tersebut.

Saat Anda menyusun berita di website desa, bayangkan Anda sedang menulis untuk warga yang kritis dan mempunyai rasa keingintahuan yang lebih. Maka pilihlah kalimat yang cocok untuk mereka. Oleh karena itu paragraf pertama menjadi sangat vital untuk membuat mereka tetap membaca.

Judul yang bagus dan menarik
Warga akan memindai halaman depan dan judul yang bagus idealnya mencerminkan isi berita. Ini penting agar mereka tidak akan kecewa ketika mengklik dan membaca berita. Bila isi berita tidak sesuai judul atau tidak sesuai dengan harapan mereka, mereka bisa langsung menutup halaman berita Anda.

Usahakan dalam menulis berita di Website Desa menggunakan alenia yang pendek, ini karena sebagian besar warga membuka web desa menggunakan telepon genggam. Ini berbeda dengan media cetak.

Memanfaatkan multimedia


Dalam membuat berita di Website Desa kita dapat memanfaatkan multimedia seperti menambahkan foto atau video hal ini jauh lebih baik dibandingkan berita yang dimuat dengan unsur teks saja.

Unsur Tranparansi Pemerintah Desa
Polemik tentang transparansi, keterbukaan anggaran tidak akan ada habisnya. Setiap organsiasi, lembaga serta instansi apapun dan di manapun diharuskan memiliki kesadaran transparansi itu sendiri.

Selain menjadi berita yang menarik bagi warga masyarakat, hal ini sangat membantu Pemerintah Desa dalam hal keterbukaan informasi public sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang.

Demikian tulisan ini saya buat, sebagai pengingat dan pembelajaran kita semua dalam hal mengelola website desa.

Admin Desa Kandang

Write A Comment