1 November 2018

PROFIL DESA

Desa Kandang, Desa dengan Jumlah Penduduk 4.500 san ini adalah Inpres Desa Tertinggal (IDT). salah satu Desa pesisir Pantura di Kecamatan Comal yang berbatasan dengan Desa Pesantren Kecamatan Ulujami, Kendaldoyong Kecamatan Petarukan dan Kebojongan Kecamatan Comal.

Kandang yang menjadi nama suatu Desa memang terkesan unik untuk didengar telinga, banyak orang selalu bertanya kenapa dinamakan Kandang, dari pertanyaan itulah berbagai opini muncul dimasyarakat, ada yang menyebut karena Desa Kandang dikelilingi Desa Kendaldoyong, di "kandang" oleh Sungai. dan lain sebagainya.

sebelum membahas Sejarah Desa, tentunya anda akan bertanya, “Kenapa dinamakan Desa Kandang ?”

  1. DI "KANDANG" OLEH KALI (SUNGAI)


    sebagian warga menyebut Nama Kandang diambil karena Desanya dikelilingi oleh Sungai, yaitu : sebelah timur sungai Comal, sebelah selatan anakan sungai comal, sebelah barat Sungai jamuran, sebelah utara sama dengan selatan yaitu anakan sungai Comal yang dikenal dengan sebutan “Kali Mati/bulungan”.

    Dari cerita tersebut, begini alasanya.

    Sebelah selatan misalnya, tepatnya dari Gapuro selamat datang Desa Kandang ke timur sampai sungai comal, disana ada jalan desa sekaligus sebagai pembatas antara desa kandang dan kendaldoyong, jalan diperbatasan Desa ini diceritakan jalan yang dulunya sungai. Dilihat dari kondisi jalan memang pantas jika jalan ini adalah sungai pada masa lalu, pasalnya disamping dataranya rendah kontur tanahnya pun terdiri dari tanah bercampur pasir, warga menyebut dengan sebutan “Lemah Ladu”. Dan itulah yang menjadi opini dimasyarakat bahwa, jalan yang membentang sepanjang kurang lebih 1500 m, ini dulunya adalah sungai yang membentang kebarat dan  bertemu dengan sungai Jamuran.

    Jika diperbatasan desa bagian selatan punya cerita, maka ada cerita diperbatasan Utara.Wilayah desa yang sebagian besar ditumbuhi tanaman sagu, warga sering menyebut dengan istilah “bulungan” atau dengan istilah “Kali mati”. seringkali dijadikan cerita oleh orang tua bahwa sebenarnya kali mati dulunya adalah sungai, pasalnya ditempat tersebut memang seperti rawa yang jika musim penghujan tiba akan menjadi penampung air dari desa.

  2.  DI "KANDANG" DESA KENDALDOYONG


    Cerita dari mana asal nama Kandang selanjutnya adalah karena Desa ini dikelilingi desa Kendaldoyong.Desa Kendaldoyong yang berbatasan langsung dengan Desa Kandang adalah Desa yang mengelilingi Desa Kandang. layaknya sebuah Desa yang dikepung oleh Desa lain. begitulah sederhananya warga menceritakan kenapa dinamakan Desa Kandang.

  3. BOLAK BALIK KESASAR SEPERTI DI "KANDANG"


    Ada satu lagi dari cerita orang tua, kenapa dinamakan Desa Kandang ? karena banyak orang orang ketika pertama kali masuk kewilayah Desa Kandang, ia akan kesulitan untuk mengingat jalan keluar desa, muter muter dan nyasar bolak balik seperti dikandang. Kenapa demikian ?Desa Kandang adalah Desa yang mempunyai banyak simpang jalan, sangking banyaknya simpang jalan di Desa Kandang, jika salah berbelok maka akan menemui simpang jalan selanjutnya. salah belok lagi, akan ketemu lagi simpang jalan lagi, jika salah lagi, akan kembali ke jalan yang sudah dilalui. maka jika pertama kali masuk Desa dan bingung untuk keluar dari Desa Kandang, janganlah sungkan untuk bertanya. pepatah mengatakan "malu bertanya sesat dijalan" 

DESA KANDANG DARI MASA KOLONIAL

Desa Kandang yang berbatasan dengan Desa Pesantren Kecamatan Ulujami, Kendaldoyong Kecamatan Petarukan dan Kebojongan Kecamatan Comal adalah desa IDT (Inpres Desa Tertinggal) yang dalam menjalankan sistem pemerintahan membutuhkan penyesuaian agar setara dengan desa yang sudah maju.

Berdasarkan cerita turun temurun, Desa Kandang awalnya bernama Desa “KANDANG SARI” yang mempunyai arti kandang yang berbunga.

namun nama Kandang Sari berubah menjadi “SIKANDANG”, dan pada tahun 1948 Sikandang diganti menjadi “KANDANG” hingga saat ini, nama Kandang tercatat dalam administrasi Daerah dan menjadi nama Desa diantara 17 Desa yang ada di Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang.

Pada zaman kolonial Belanda, Desa Kandang yang pada saat itu bernama Kandang Sari pernah dipimpin oleh Lurah yang bernama Ki SENTONG dan kemudian dilanjutkan oleh ki GENDON. pada tahun berapa dan sampai dengan tahun berapa beliau - beliau memimpin Desa Kandang, sampai dengan saat ini belum diketahui.

1940 adalah tahun dimana Desa Kandang Sari (baca:Desa Kandang) dijabat oleh Lurah yang bernama, Bapak DULKARIM sampai Tahun 1944, pada tahun yang sama kemudian dilakukan pemilihan Kepala Desa (dahulu lebih dikenal dengan istilah kodrah lurah), dan terpilih sebagai lurah yaitu bapak SARWIYAN sampai tahun 1946, kemudian dilakukan pemilihan lurah lagi dan terpilihlah bapak CARMADI sampai Tahun 1948, pada tahun ini adalah catatan sejarah dimana nama Desa dari sebelumnya “Sikandang” berubah menjadi “Kandang”.

Tahun 1948 Desa Kandang dijabat oleh bapak DJAMSARI dengan carik (baca:sekdes) adalah bapak SANADI sampai Tahun 1960. Kembali dipercaya oleh Masyarakat Bapak DJAMSARI menjabat lagi sebagai Lurah, namun dengan sekdes yang berbeda yaitu bapak WARYONO sampai Tahun 1975.

Berikut Daftar Nama Lurah/Kepala Desa Kandang dari masa ke masa :

Sebelum menjabat sebagai sekretaris desa, bapak riswanto sempat mengisi kekosongan Jabatan sekdes sebagai plt.sekdes yang kemudian dinyatakan layak menjadi sekretaris desa berdasarkan hasil seleksi internal perangkat.

redaksi telah disempurnakan pada tanggal 12 November 2018 Oleh : Admin Desa
Referensi Tulisan : Profil Desa - Kondisi Desa - Sejarah Desa

Demokrasi memiliki makna bahwa penyelenggaraan pemerintah dan pelaksanaan pembangunan didesa harus mengakomodasi aspirasi dari masyarakat melalui Badan Permusyawaratan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan yang ada sebagai mitra Pemerintah Desa yang mampu mewujudkan peran aktif masyarakat, agar masyarakat senantiasa memiliki dan turut serta bertanggung jawab terhadap perkembangan kehidupan bersama sebagai sesama warga desa sehingga diharapkan adanya peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat melalui penetapan kebijakan, program dan kegiatan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat.

Atas dasar pertimbangan tersebut diatas, maka untuk jangka waktu 6 (enam) tahun kedepan diharapkan proses pembangunan di desa, penyelenggaraan pemerintah di desa, pemberdayaan masyarakat di desa, partisipasi masyarakat, setiap kepala desa dan perangkat, RT/RW dapat benar benar mendasarkan pada prinsip keterbukaan dan partisipasi masyarakat sehingga secara bertahap Desa Kandang dapat mengalami kemajuan.

Untuk itu dirumuskan Visi Misi sebagai berikut :

Visi Desa :

“TERWUJUDNYA PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DESA KANDANG YANG BERSIH TRANSPARAN, MANDIRI DAN SEJAHTERA DALAM SUASANA YANG KONDUSIF DEMOKRASI DAN AGAMIS”

Rumusan Visi tersebut merupakan suatu ungkapan dari suatu niat yang luhur untuk memperbaiki dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Desa Kandang baik secara individu maupun kelembagaan, sehingga 6 (enam) tahun kedepan Desa Kandang mengalami suatu perunahan yang lebih baik dan penibgkatan kesejahteraan masyarakat dilihat dari segi ekonomi, dengan dilandasi semangat kebersamaan dalam penyelenggaraan Pemerintah dan Pelaksanaan Pembangunan. Dalam hal ini mencapai semua itu maka dibetuhkan Misi Desa sebagai berikut :

Misi Desa :

  1. Meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat dengan jaminan sosial.
  2. Meningkatkan pendidikan Formal dan Non Formal
  3. Mewujudkan ekonomi Kerakyatan, berbasis pertanian, perdagangan serta usaha kecil dan menengah (UKM)
  4. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pelayanan prima
  5. Meningkatkan kehidupan beragama yang harmonis
  6. Bersama masyarakat memperkuat kelembagaan desa yang ada sehingga dapat melayani mesyarakat secara optimal.
  7. Bersama Masyarakat dan kelembagaan desa menyelenggarakan pemerintahan dan melaksanakan pembangunan yang partisipatif.
  8. Bersama masyarakat dan kelembagaan desa dalam mewujudkan Desa Kandang yang aman, tentram dan damai.
  9. Bersama masyarakat dan kelembagaan Desa memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BATAS WILAYAH DESA

Letak geografi Desa Kandang , terletak diantara :

Sebelah Utara                : Desa Kendaldoyong , Desa Pesantren

Sebelah selatan              : Desa Kendaldoyong

Sebelah Barat                : Desa Kendaldoyong

Sebelah Timur               : Desa Kebojongan

LUAS WILAYAH DESA

  1. Pemukiman                  : 79,13  ha
  2. Pertanian Sawah          : 55,55  ha
  3. Ladang/tegalan            : 79,1     ha
  4. Hutan                             :.-      ha
  5. Rawa-rawa                    : .-     ha
  6. Perkantoran                  : 0,25  ha
  7. Sekolah                           : 0,75  ha
  8. Jalan                               :  3      ha
  9. Lapangan sepak bola    : 0,80 ha

ORBITASI

  1. Jarak ke ibu kota kecamatan terdekat                  :  8  KM
  2. Lama jarak tempuh ke ibu kota kecamatan         :  45 Menit
  3. Jarak ke ibu kota kabupetan                                  : 12 KM
  4. Lama jarak tempuh ke ibu kota Kabupaten         :  1 Jam

JUMLAH PENDUDUK BERDASARKAN JENIS KELAMIN

  1. Kepala Keluarga

    Laki laki : 1023 KK
    Perempuan : 236 KK

  2. Laki-laki                      :  2294 Orang
  3. Perempuan                 :  2203 Orang

FOTO UDARA oleh : TIM BUKA PETA tahun 2017

 

PETA WILAYAH

Facebook Comments
%d blogger menyukai ini: