PRESENTASI 10 FINALIS LOMBA WEBSITE DESA 2018

KandangDesaku – Tahun 2018 merupakan tahun ke tiga bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang mengadakan Lomba Sistem Informasi Desa dan Pengelolaan Website Desa. Lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui PUSPINDES ini diikuti oleh 211 Desa sekabupaten Pemalang

Dalam lomba yang diadakan setiap tahun ini, tahapan demi tahapan telah dilakukan untuk menentukan yang terbaik.

pada hari ini Selasa (13/11) bertempat di gedung PUSPINDES Kabupaten Pemalang 10 Finalis yang lolos pada tahapan akhir penilaian, berkesempatan mempresentasikan Inovasi Website Desa di depan Dewan Juri dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Pemalang

Desa Kandang adalah satu diantara 10 Finalis yang lolos pada tahap akhir penilaian lomba website Desa ini. didepan Dewan Juri, Saya (Admin Desa) mempresentasikan manfaat Website Desa untuk Masyarakat. memang tidak bisa dipungkiri bahwa Website Desa yang ada selama ini, belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh warga masyarakat Kandang.

presentasi lomba website desa pemalang 2018

melanjutkan presentasi, bahwa dengan adanya website desa ini, saya selaku admin desa berharap warga dapat memanfaatkanya untuk menggali informasi dan melihat data yang telah disajikan didalamnya. seperti Transparansi APBDes misalnya, didalam website telah ditampilkan Transparansi Pendapatan dan Belanja Desa secara rinci. masyarakat bisa melihatnya kapan saja.

Dalam hal informasi dan data, memang belum lengkap. hal itu dikarenakan sumber data yang belum bisa disajikan dalam bentuk Informasi Publik.

Di akhir presentasi, dewan juri menanyakan tampilan PETA DESA, hal ini merupakan kesempatan bagi Desa Kandang yang masih bermasalah dengan PETA DESA. pada tahun 2017, tim BUKA PETA yang menggunakan media foto udara (drone) telah melakukan pemetaan di Desa Kandang. namun hasil cetak tidak sesuai kenyataan, terutama pada batas Desa. menurut tim buka peta hal itu dikarenakan Batas Desa diambil berdasarkan data BIG BPS dan bukan berdasarkan kondisi dilapangan. dengan hasil yang demikian itu saya (Admin Desa) berharap ada Pelatihan Buka Peta melanjutkan pelatihan yang pernah diadakan sebelumnya, agar Peta Desa Kandang dapat di perbaiki untuk ditampilkan lebih rinci di Website dan sesuai kenyataanya.

Masukan dari dewan juri secara umum, Website Desa Kandang sudah cukup bagus. pengelola Sistem Informasi Publik Jawa Tengah (Admin Pemprov) SUKMA WAHYU WARDONO menambahkan agar diwebsite Desa Kandang bisa menampilkan konten seperti RKP, RPJMDes, Produk Hukum, dan yang berkaitan dengan Aturan Desa.

Demikian pengalaman admin desa dalam mempresentasikan website Desa di depan dewan juri. semoga Website Resmi Pemerintah Desa Kandang menjadi JUARA dalam perlombaan Sistem Informasi Desa dan Pengelolaan Website Desa Tahun 2018.

Admin Desa.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: