4 November 2018

POTENSI

SUMBER DAYA ALAM

Potensi yang dimiliki desa Kandang adalah Sumber Daya Alam yang dimiliki Desa seperti lahan kosong, sungai, sawah, perkebunan yang pada saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal

SUMBER DAYA MANUSIA

Potensi yang dimiliki Desa Kandang adalah Tenaga Kerja, kader kesehatan, kader pertanian, dan tersedianya SDM yang memadai ini bisa dilihat dari Grafik pendidikan yang ada.

SUMBER DAYA INFRASTRUKSTUR

  1. FISIK : Potensi Sumber Daya yang berkaitan dengan Prasarana Fisik meliputi bangunan Gedung, Jalan, saluran air, serta Lapangan Desa merupakan asset besar dalam proses Pembangunan Desa Kandang. 
  2. NON FISIK : Sumber Daya Infrastruktur yang berkaitan dengan Non Fisik adalah keberadaan Lembaga-lembaga Pemerintahan Desa Non Pemerintahan ( LPMD, BPD ), Lembaga Pendidikan (TK dan SD), Lembaga Pendidikan Swasta (SD, TPQ dan Madrasah Diniyah), Lembaga Ekonomi (Kelompok Simpan Pinjam, KUD, Koperasi, Bank dll),Organisasi Masyarakat (Kelompok Tani, kader Posyandu, PKK, Karang Taruna dan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa “KPMD”)

PENDIDIKAN

Terdapat Lembaga Pendidikan di antaranya :

NOSARANA PENDIDIKANJUMLAH
1Pendidikan Anak Usia Dini1 Kelompok
2Taman Kanak – Kanak3 Kelompok
3SD Sederajat3 Sekolah
4Taman Pendidikan Al-Qur’an1 Kelompok
5Madrasah Diniyah1 Kelompok
6Kursus non formal1 Kelompok

SUMBER DAYA SOSIAL

Potensi sumber daya sosial  yang dimiliki Desa Kandang adalah banyaknya lembaga-lembaga yang ada dimasyarakat seperti LPM, LKM, Gapoktan, Kelompok Pengajian, Arisan, Kelompok Simpan Pinjam, Posyandu, Karang Taruna ,Risma , KPMD dan lain-lain.

KESENIAN

Di Desa  Kandang tersedia beberapa potensi Kesenian diantaranya :

NOJENISJUMLAH
1Hadroh / Rebbana2 Kelompok
2Dangdut1 Kelompok

KESEHATAN

  • Tersedia 3 bidan desayang berdomisili di Kandang;
  • Di Desa Kandang terdapat Kelompok Posyandu Balita sebanyak 4 Kelompok Posyandu Balita yaitu Mawar,kenanga, Melati dan Flamboyan;
  • Di Desa Kandang  terdapat Kelompok Posyandu Lansia sebanyak 1 Kelompok Posyandu Lansia.
  • Di Desa Kandang terdapat Kelompok Ibu Hamil (Bumil) sebanyak 1 Kelompok Bumil.

SUMBER DAYA EKONOMI

Potensi sumber daya ekonomi yang dimiliki Desa Kandang adalah adanya Lahan-Lahan Pertanian, Perkebunan, Pasar Desa, maupun Peralatan Kerja Seperti Peternakan, Kontruksi serta Jasa.

Facebook Comments
%d blogger menyukai ini: