Kandang Desaku – Tim Pemadam kebakaran Kabupaten Pemalang pos Kawedanan Comal memusnahkan sedikitnya enam sarang tawon Vespa affinis di Desa Kandang pada hari selasa (3/12).

Pemusnahan dilakukan mengingat bahayanya serangan tawon yang dikenal warga kandang dengan sebutan tawon balo / tawon gung. Dikutip dari detik.com Teror tawon Vespa affinis di Kabupaten Pemalang ternyata sudah ada sejak tahun 2018. Tercatat sudah sembilan warga meninggal dunia karena serangan tawon ini, yang terbaru adalah pasangan suami istri di Kecamatan bodeh kabupaten pemalang.

Pemusnahan sarang tawon dilakukan pada malam hari, hal ini dikarenakan karakter jenis tawon ini, tidak begitu agresif ketika malam hari, selain itu pada malam hari tawon berada didalam sarang sehingga pemusnahan lebih tuntas. Petugas memusnahkan sarang tawon tersebut dengan cara dibakar.

Salah satu petugas damkar alami luka bengkak akibat sengatan tawon, pasalnya sarang tawon berukuran jumbo dan ketinggianya yang cukup sulit untuk dijangkau, sehingga api yang digunakan untuk membakar beberapa kali padam, alhasil tawon tawon beterbangan disekitar lokasi dan beberapa kali menyerang petugas.

Dari empat titik yang menjadi sarang tawon tersebut, tercatat sebanyak enam sarang tawon yang berhasil dimusnahkan.

Pemerintah Desa Kandang menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Desa Kandang apabila menjumpai sarang tawon Vespa affinis yang lebih dikenal dengan nama tawon balo / tawon gung dan membutuhkan penanganan oleh pihak Pemadam Kebakaran agar segera melaporkan ke Balai Desa kandang atau datang langsung ke Pos pemadam kebakaran wilayah kawedanan comal yang berada di kompleks Taman Kota Comal.

Redaksi Oleh : Admin Desa

Write A Comment