Tradisi Sedekah Bumi, Wujud Syukur Warga Kandang

Desa Kandang adalah Desa IDT yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai Petani, bertempat di Balai Desa Kandang (30/07/2018) Pemerintah Desa Kandang dan Warga Masyarakat menyelenggarakan Sedekah Bumi. kegiatan ini dihadiri oleh lintas Elemen masyarakat dan tamu undangan

Tradisi sedekah bumi ini, merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat di pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun-temurun dari nenek moyang orang jawa terdahulu.

Di Desa Kandang kecamatan Comal, sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh Warga Masyarakat yang berprofesi sebagai petani, upacara tradisional sedekah bumi di Desa ini sudah menjadi salah satu bagian dari masyarakat yang tidak akan mampu untuk dipisahkan dari budaya jawa pada umumnya.

upacara yang dilaksanakan di Pendopo balai Desa tersebut, tidak banyak peristiwa dan kegiatan yang dilakukan di dalamnya. Sebagian Mayarakat yang mengikuti tradisi ini, membuat tumpeng dan berkumpul menjadi satu di pendopo balai Desa dan melakukan doa bersama yang dipimpin oleh tokoh Agama, sebagai wujud rasa Syukur atas segala sesuatu yang diberikan Allah, SWT melalui perantara Alam.

Setelah doa dipanjatkan, Tumpeng yang dikumpulkan oleh Masyarakat, kemudian di bagikan kembali untuk dinikmati bersama – sama. Namun banyak juga yang membungkusnya untuk dibawa pulang kembali dan dinikmati bersama sanak keluarga sekaligus membawa bingkisan dari nasi tumpeng tersebut untuk tetangga yang berhak menerima.

Pemerintah Desa biasanya, juga membagi tumpeng yang memang sengaja dibuat untuk Warga yang tinggal dilingkungan Balai Desa dan Tokoh Masyarakat sekitar.

Inilah wujud syukur dari masyarakat Desa Kandang, dengan risqi yang Alloh, SWT berikan melalui Alam yang sungguh kaya ini.

 

(rj/rj)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *